Minggu, 17 April 2016

Mainan Jualan Abang-Abang

Biasanya kalo gak jajan makanan, anak sekolah jajan mainan. Bukan mainan buatan pabrik seperti yang ada di toko besar, biasanya mainannya adalah mainan sederhana tapi unik dan gak bakal ketemu kalo cari di toko. Ini mainan dagangan abang-abang yang suka mangkal depan sekolah atau ngider keliling perumahan. Beberapa yang saya ingat adalah:

1. Tos-an Gambar

Maaf kalo ada yang tersinggung, menurut saya mainan ini yang paling cemen, hehee...pasalnya cara mainnya sederhana sekali, hanya mengadu gambar antar anak dengan cara meletakkan gambar di telapak tangan dengan posisi gambar terlihat, lalu melakukan tos dengan lawannya yang juga punya gambar di telapak tangannya. Gambar yang jatuh ke lantai/tanah dengan posisi tertelungkup adalah yang kalah. Mainan ini sudah ada sejak jaman saya SD sampe sekarang. Kebanyakan yang memainkannya adalah anak laki-laki entah karena gambarnya mayoritas adalah robot, pahlawan super hero, mobilan dan sejenisnya yang identik dengan hal-hal maskulin.

Permainan gambar (photo credit: olx.co.id)
Balon Tiup
2. Balon tiup

Mainan yang satu ini selalu jadi rebutan. Namanya anak-anak, mana sadar bahaya kesehatan meniup balon menggunakan sedotan yang sama secara bergantian.

3. Tiup Busa Sabun

Modelnya mirip dengan balon tiup. Bedanya yang ini bahan balonnya cuma berupa air sabun yang ditiupkan melalui sedotan dengan lubang bulat di ujungnya dan menghasilkan busa sabun seperti saat kita mandi atau mencuci piring / baju. Tentunya busa ini hanya bisa dinikmati sekejap, tidak seperti balon tiup yang bisa dimainkan menjadi bola sesaat atau dibentuk ulang asal tidak bocor.

Mobil-mobilan dari kulit jeruk bali (photo credit: kaskus.co.id)
Masih banyak mainan sederhana lainnya yang pada jaman saya kecil dulu bahkan kami buat sendiri karena terbatasnya uang saku. Mainan itu misalnya layangan, yoyo, gasing, kincir angin sederhana yang juga pernah jadi prakarya jaman TK, mobil-mobilan dari kulit jeruk bali dan sebagainya.

Bikin Yoyo dari bekas tutup galon (photo credit: bintangtop.com)
Menciptakan mainan / permainan sendiri seperti ini sangat bagus untuk mengembangkan kreatifitas dan daya imajinasi anak sehingga anak tidak menjadi manja, gampang menyerah dan hanya mau terima jadi saja tanpa mau berpikir dan berusaha mengupayakan kebutuhan mereka dengan memanfaatkan apa yang ada di sekitarnya.









1 komentar:

  1. Hanya dengan Modal 15.000
    kamu bisa menjadi Jutawan dengan cepat.
    Ayo tunggu apa lagi segera daftarkan diri anda segera
    hanya di situs Arus Poker
    Situs terbaik dan terpercaya di Indonesia
    Kamu juga berkesempatan mendapatkan bonus Turn Over 0.5 %
    dan Referal sebesar 20 %
    Kamu berkesempatan memenangkan Jackpot Hingga jutaan rupiah.
    Ayo tunggu apa lagi segera daftarkan diri anda segera
    hanya di situs Arus Poker
    https://arusball365.wixsite.com/pkvgames

    BalasHapus