Jumat, 22 April 2016

Penyanyi Cilik Jadul

Jaman saya kecil (tahun 70an - awal 80an) belum ada CD, yang ada kaset. Kala itu masih banyak penyanyi cilik dan juga pengarang lagu anak-anak yang produktif, sehingga anak-anak masa itu menyanyikan lagunya sendiri, bukan lagu orang dewasa seperti sekarang ini.

Adapun penyanyi cilik terkenal di masa itu antara lain.

1. Ira Maya Sopha
Meski ngetopnya sebagai pemeran cinderella dan main dalam beberapa film, Ira lebih dikenal sebagai penyanyi cilik dan punya beberapa album baik solo maupun duet dengan Adi Bing Slamet, hingga saat ini Ira masih aktif meramaikan dunia kesenian Indonesia.

2. Adi Bing Slamet
Siapa yang tidak kenal sang maestro Bing Slamet? Seniman besar peranakan Tionghoa ini banyak berjasa mengembangkan dunia seni Indonesia. Darah seninya yang kuat juga diturunkan kepada putra-putrinya, yang utama Adi Bing Slamet, idola bocah lelaki tahun 70-80an. Bukan cuma kaset dan filmnya yang diserbu masyarakat, model rambut dan gaya berpakaian Adi juga menjadi trend di kalangan para bocah lelaki masa itu.
Sebagai satu-satunya penyanyi bocah laki-laki yang top di angkatannya yang didominasi anak perempuan, Adi sering dijadikan pasangan duet bagi beberapa penyanyi cilik perempuan. Wuih, kecil-kecil udah jadi raja minyak, hihiii. Adi juga main di beberapa film komedi dan anak, tapi namanya lebih dikenal sebagai penyanyi cilik. Adik dan kakaknya Uci Bing Slamet dan Iyut Bing Slamet belakangan juga ikut terjun meramaikan dunia kesenian Indonesia namun tidak di usia sebelia Adi. Adi sendiri masih eksis berkecimpung di dunia hiburan Indonesia hingga saat ini.

3. Chicha Koeswoyo
Seperti halnya Adi Bing Slamet, Chicha Koeswoyo adalah putri seniman besar Nomo Koeswoyo, salah satu pentolan band legendaris Indonesia, Koes Plus. Adiknya Helen Koeswoyo juga sempat menyanyi mengikuti jejak sang kakak, begitu pula sepupunya Sari Yok Koeswoyo. Namun Chicha adalah yang paling menonjol eksistensinya. Seperti Adi, Chicha sempat menjadi idola anak perempuan di masa itu. Sayangnya Chicha dan saudara-saudaranya saat ini sudah mundur dari dunia kesenian Indonesia dan lebih banyak menjalani kehidupan biasa. Chicha adalah penyanyi bocah perempuan yang paling sering dipasangkan berduet dengan Adi.

4. Diana Papilaya
Diana Papilaya juga penyanyi cilik perempuan yang pernah berduet dengan Adi Bing Slamet. Albumnya yang terkenal adalah "Paman Darimana". Saat ini Diana juga sudah tidak berkiprah di dunia hiburan dan lebih memilih menjadi pengusaha.

7.Dina Mariana
Kalo kamu angkatan jadul, pasti kenal penyanyi cilik berwajah cantik satu ini dengan tahi lalat khasnya di dagu. Dina juga beberapa kali terlibat dalam film layar lebar dan sering mendapatkan peran anak antagonis. Dina juga sudah jarang terdengar kabarnya setelah menikah.

6. Liza Tanzil
Liza Tanzil adalah putri bungsu pendiri Sanggar Sangrila Ibu Maria Tanzil, penyumbang terbesar dunia hiburan anak tanah air. Liza sudah terjun ke dunia hiburan pada usia yang sangat belia baik menyanyi maupun akting. Seperti kebanyakan penyanyi cilik perempuan di jaman itu, Liza juga punya album duet dengan Adi Bing Slamet. Kabarnya Liza sekarang bermukim di luar Indonesia bersama keluarga kecilnya dan jauh dari hingar bingar dunia hiburan.

7. Nourma Yunita
Boleh dibilang Nourma adalah yang umurnya tertua di antara penyanyi cilik 70an ini. Selain menyanyi, dia juga pernah membintangi beberapa film. Nourma masih aktif di dunia hiburan hingga saat ini meskipun tidak seaktif Ira dan Adi.

8. Yoan Tanamal
Putri pasangan aktris lawas Enteng Tanamal (alm) dan Tanti Yosepha (alm) ini adalah penyanyi cilik terimut di era 80an. Penampilannya yang centil sungguh menggemaskan kala itu. Masih ingat salah satu hitsnya? "Aku sedih, duduk sendiri, Mama pergi, Papa pergi..." Sungguh ironis dan sedih karena lagu itu kemudian seolah menjadi mimpi buruk yang menjadi nyata. Perceraian kedua orang tuanya menjelang usia remaja Yoan sempat membuat dia terguncang. Yoan pernah menjadi pecandu narkoba sampai harus menggelandang. Namun Yoan saat ini sudah bangkit dari keterpurukannya dan juga banyak membantu memberi penyuluhan tentang bahaya narkoba serta masih aktif di dunia hiburan meskipun tak seterkenal masa kecilnya dulu.

9. Boby Sandhora Muchsin
Anak pasangan artis lawas Muchsin Alatas dan Titiek Sandhora ini beruntung punya orang tua yang berperan besar mendukung karir menyanyinya. Boby muncul menemani kesendirian Adi Bing Slamet seniornya sebagai penyanyi anak laki-laki yang albumnya laris manis di pasaran saat itu. Bahkan muncul sebagai idola baru. Saat ini Boby memilih karir di belakang layar sebagai produser rekaman. Seperti pasangan abadi Sophan Sophiaan dan Widiawati, Mama-Papa Boby terkenal sebagai pasangan ideal yang keharmonisan rumah tangganya membuat iri orang-orang.

10. Puput Novel
Puput Novel sudah eksis di dunia hiburan sejak usia 2 tahun. Seperti bintang cilik Yoan Tanamal, Puput harus menghadapi perceraian kedua orang tuanya di usia belia. Namun Puput lebih beruntung tidak sampai terpuruk kehidupan pribadinya seperti seniornya Yoan. Malahan keadaan tersebut membuat dia menjadi lebih dewasa dibanding anak seusianya. Puput juga masih eksis di dunia hiburan meskipun tidak setenar dulu lagi.

11. Fitria Sukaesih
Anak sang ratu dangdut Indonesia fenomenal Elvy Sukaesih ini sempat berkecimpung di dunia hiburan anak baik musik dan film; Namun sekarang sudah jauh dari panggung hiburan.

Itulah sederet penyanyi cilik top di jaman saya kecil dulu di era 70-80an. Selain para penyanyi cilik ini, masih ada beberapa bintang cilik lainnya yang lebih dikenal sebagai model ataupun pemeran film seperti Ria Irawan, putri pasangan aktor dan aktris Bambang Irawan (alm) dan Adek Irawan, lalu Rano Karno putra bintang film kenamaan Soekarno M Noor yang sekarang memilih berkarir di dunia politik, hebatnya, Rano bisa tenar tanpa bayang-bayang nama besar sang ayah dan sempat memenangkan piala citra pertamanya di usia belia.
Kemudian juniornya ada Santi Sardi dan Lukman Sardi putra-putri pemain biola legendaris Idris Sardi (alm) (saat ini hanya Lukman Sardi yang masih aktif berkecimpung di dunia perfilman), Faradila Sandi, Kiki Rizky Amelia (fragmen TVRI Cerita Untuk Anak), putri Pipit Sandra (alm), penggagas Cerita Untuk Anak dan beberapa lainnya yang saat ini seperti menghilang jauh dari dunia hiburan. Ada yang mau nambahin?

salah satu album duet Adi-Chicha
Salah satu album duet Adi-Ira