Kamis, 07 April 2016

Ini Jajanan Saya, Kalo Kamu?

Tadi kan udah dibahas uang jajannya, sekarang mana jajanannya? Bicara jajanan anak sekolah pastinya ada bermacam jenis, mulai dari kue jajanan pasar, biskuit, permen, es sampai permainan sederhana yang buat orang dewasa yang gak ngerti imajinasi anak menganggapnya sampah.

Cerita jajanan saya ini bakalan panjang karena jenis jajanan yang saya tahu lumayan banyak macemnya, karenanya saya mau bahas satu persatu dengan mengelompokkan sesuai jenisnya.

Pertama yang akan saya bahas dalam tulisan kali ini adalah cemilan selain permen atau stick-stick-an gitu. Karena saya lahir dan besar di Sumatera, mungkin ada beberapa yang berbeda dengan teman-teman yang lahir dan besar di ibukota.

1. Sate 'carocok' Padang (bahasa lainnya Pincuk)
Hahaa...ketauan deh. Meskipun tidak punya darah keturunan Sumatera, saya lahir dan besar di Padang. Jadi, yang namanya makanan khas Sumatera Barat adalah makanan favorit saya yang selalu saya rindukan sampai mati (makan tanpa cabe adalah sebuah siksaan teramat kejam buat saya #lebaymodeon).
Nah, bicara soal sate padang, jaman sekolah dulu, dengan uang saku yang minim, sulit bagi seorang anak sekolah untuk beli 1 porsi sate Padang ukuran normal. Jadilah para Abang penjual sate padang yang baik hati menciptakan porsi sate ukuran mini dengan harga mini pula yang terjangkau oleh isi kantong kami anak-anak. Namanya carocok, bukan pelesetan bahasa Sunda 'cucok' loh hahaa. Carocok itu adalah daun pisang (jaman saya sekolah gak ada yang namanya kertas nasi, piring/gelas plastik atau styrofoam, semua serba daun pisang) yang dibentuk seperti corong kecil (pincuk) yang satu porsinya dihargai 25 rupiah saja. Isinya jangan ditanya, ya pasti beda dengan yang porsi normal, yang ini cuma satu-dua tusuk daging minus ketupat dan kuahnya dibanyakin, tar dagingnya diemut-emut dulu sambil bulak-balik dilumuri kuahnya untuk menikmati kelezatan bumbunya. Cihuuyy, kesampean deh jajan sate padang.

2. Pinukuik
Ini dia pancakenya Sumatera Barat. Rasanya sih lebih mirip kue dorayaki-nya orang Jepang, tapi penampakannya mirip serabi, bedanya ini dimakan gitu aja, gak dikuahin. Hmmm...blasteran Eropa-Jepang-Indonesia kayanya nih kue :D
pinukuik
 3. Biskuit Kancing / Gemrose
Kalo yang ini bukan khas Sumatera Barat, tapi semua anak sekolah di seluruh Indonesia pasti tau kue ini dan suka jajan di warung sekolah dulu. Namanya anak kecil ya pasti tertarik dengan warna-warni gula glasur yang bertengger di atas biskuitnya.

gemrose biscuit
4.Kuaci
Saya yakin gak ada yang gak kenal kuaci. Itu loh, yang bentuknya kecil banget, bukanya juga penuh perjuangan, karena harus pake gigi dan bikin gigi jadi jarang-jarang karena biasanya diselipin di antara gigi bawah untuk tumpuan, dan digigit pake gigi atas untuk bukanya. heheee...punya cara lain untuk buka kuaci yang gampang tanpa harus ngorbanin gigi? Bagi-bagi dong tipsnya sama saya. Ini beberapa kuaci yang saya ingat:

- Kuaci biji bunga matahari
Ini kuaci kesukaan saya. Soalnya, selain ukurannya rada gede (jadi gak sia-sia makan dan lebih gampang gigitnya), rasanya juga gak terlalu asin, tapi campuran gurih manis gitu. Kulitnya juga cantik, belang hitam-putih.

kuaci biji bunga matahari
- Kuaci biji semangka
Karena ukurannya yang mini, jadi rada susah ngupasnya, dan bikin saya males makannya. Kuaci ini sedikit lebih asin dari kuaci lain, bikin bibir saya jeding/dower dan kebas rasanya habis makan kuaci ini.
kuaci biji labu (photo credit: food.detik.com)



- Kuaci biji labu
Ini gede juga kaya kuaci biji bunga matahari, tapi lebih pipih dan isinya tipis, rasanya sedikit asin tapi kadang ada yang hambar.

Itulah kuaci-kuaci yang saya tahu dan ingat. Konon kuaci itu kaya vitamin E yang baik untuk kesehatan kulit dan kesuburan lho. Jadi, ayo rame-rame jajan kuaci...





1 komentar:

  1. Hanya dengan Modal 15.000
    kamu bisa menjadi Jutawan dengan cepat.
    Ayo tunggu apa lagi segera daftarkan diri anda segera
    hanya di situs Arus Poker
    Situs terbaik dan terpercaya di Indonesia
    Kamu juga berkesempatan mendapatkan bonus Turn Over 0.5 %
    dan Referal sebesar 20 %
    Kamu berkesempatan memenangkan Jackpot Hingga jutaan rupiah.
    Ayo tunggu apa lagi segera daftarkan diri anda segera
    hanya di situs Arus Poker
    https://arusball365.wixsite.com/pkvgames

    BalasHapus