Sabtu, 09 April 2016

Bang, Beli Es !!

Es..es..eeesss... duh, siapa juga yang nolak, asal gak lagi batuk-pilek. Bukan cuma anak-anak, orang tua juga suka sama jajanan yang satu ini. Gimana bentuk jajanan ini jaman dulu? Ini dia beberapa di antara yang jadi primadona:

1. Es mambo, es kebo, apalah itu namanya... :D
Kalo yang ini, paling enak diminum sehabis jam pelajaran olahraga atau di siang yang terik sepulang sekolah. Waktu itu harganya cuma lima hingga sepuluh rupiah saja, ah sedapnyaa...

Di sekolah saya dulu, bahan esnya kalo gak dari air teh, yah murni dari sirop yang ditambah biang gula, gak pake susu kaya yang dijual sekarang. Rasanya juga gak sehalus sekarang, masih kasar seperti es batu. Tapi namanya anak-anak yah kalo judulnya jajan gak terlalu peduli sama semua itu, yang penting rasa hausnya hilang.

penampakan termos es jadul tempat naruh es mambo yang dititip di warung-warung atau dijajakan keliling (photo credit: mahapuja.blogspot.com)

4. Es Dung-Dung
Es dung-dung sebenernya ya es puter, cuma waktu kecil di tempat saya dibesarkan di Sumatera, kami kenalnya namanya es dung-dung.

Apapun itu namanya, jajanan satu ini termasuk yang masih eksis hingga saat ini, tidak tersisih oleh kemajuan jaman; Bentuk dan rasanya pun masih sama. Saking enaknya, sampai diangkat kelasnya oleh salah satu produsen es krim terkenal di Indonesia menjadi salah satu varian es krim produksi mereka dan diklaim sebagai es krim asli Indonesia, tetap dengan nama khasnya "es dung-dung".

Es ini rasanya sangat istimewa. Tidak seperti layaknya es krim yang berbahan dasar susu, es ini berbahan dasar santan yang sudah pasti punya rasa gurih yang khas yang disukai mereka yang bukan penggemar susu. Dulu es krim berbahan dasar santan ini dianggap es krim kelas dua, es krim murahan, karena teksturnya yang tidak sehalus es krim berbahan dasar susu di samping juga harga susu yang jaman itu lebih mahal daripada santan.

Ngomong-ngomong, tahu gak kenapa dinamakan es dung-dung? Alasannya sebenarnya sederhana sekali, karena abang tukang jual es ini semua kompak menjajakan es ini bukan dengan meneriakkan nama esnya seperti layaknya pedagang makanan yang lain, tapi cukup dengan membunyikan sebuah lonceng yang digantung di samping gerobaknya yang bunyinya dung..dung..dung...duuung.

Dari dulu sampai sekarang, biasanya saat mendengar bunyi dung...dung...dung...dung ini, serombongan anak-anak akan segera berlari menghampiri abangnya dan berebut menyodorkan koin untuk mendapatkan satu skup es krim ini. Kalo yang jualan sekarang ada yang pake gelas plastik, jaman dulu mah gak ada, pilihannya cuma pake contong yang rasanya kaya kue wafer itu atau pake selembar roti tawar yang dilipat dua dan tengahnya diisi satu skup es ini. Hmmm...jadi nelen ludah membayangkan enaknya.

(photo credit: bobo.kidnesia.com)
3. Air Sari Tebu
Ini juga jajanan yang sudah naik kelas dari jajanan rakyat murah meriah menjadi jajanan mahal saat ini. Mungkin karena bahan bakunya saat ini makin susah didapat, jadi ya makin sedikit pedagangnya, terutama di kota besar seperti Jakarta.

Pedagang yang sekarang sih enak, karena sekarang ada alat peras tebunya yang tinggal dimasukin otomatis sudah memeras sendiri, bahkan ada franchisenya dari pengusaha besar. Jaman saya kecil dulu, mereka harus datang ke pabrik tebu dan antri untuk menampung airnya dan menjajakannya keliling dengan pikulan.

Karena jaman dulu kebun tebu banyak ditemui, namanya anak-anak yang sering bertualang main, dulu kami juga sering minum air tebu gratisan. Tinggal motong tebunya, kupas kulitnya dan potong-potong supaya gampang dikunyah untuk merasakan airnya yang manis (Ya iyalah, siapa juga yang mau ngunyah batang tebu langsung panjang-panjang, hihiii). Ampasnya jangan ditelan ya...hehee...yang giginya gak kuat juga jangan berani coba-coba gaya ini ya, nanti giginya copot. Mending beli aja sama abang-abang yang udah tinggal diminum. Kalo kamu males motong tebu begini, sSebenarnya ada juga sih pedagang kecil yang jual tebunya dalam bentuk potongan gini dan ditusukin kaya sate.

Kabarnya air sari tebu ini bukan sekedar jajanan gak bermutu yang untuk ngilangin haus doang lho, tapi air sari tebu juga punya khasiat obat untuk beberapa penyakit dan juga aman diminum bagi penderita diabetes.


1 komentar:

  1. Hanya dengan Modal 15.000
    kamu bisa menjadi Jutawan dengan cepat.
    Ayo tunggu apa lagi segera daftarkan diri anda segera
    hanya di situs Arus Poker
    Situs terbaik dan terpercaya di Indonesia
    Kamu juga berkesempatan mendapatkan bonus Turn Over 0.5 %
    dan Referal sebesar 20 %
    Kamu berkesempatan memenangkan Jackpot Hingga jutaan rupiah.
    Ayo tunggu apa lagi segera daftarkan diri anda segera
    hanya di situs Arus Poker
    https://arusball365.wixsite.com/pkvgames

    BalasHapus